RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SDN 02 Taman
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester :
IV / II
Hari / Tanggal :
Kamis, 4 Juni 2014
Jumlah
Pertemuan : 1 x pertemuan
A.
Standar Kompetensi
2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan
kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten / kota dan provinsi
B.
Kompetensi Dasar
2.2 Mengenal pentingnya koperasi dalam
meningkatkan kesejahteraan masyarakat
C.
Indikator
2.2.1.
Menyebutkan kegiatan apa saja yang ada dalam kantor koperasi.
2.2.2.
Mengelompokkan jenis-jenis koperasi yang ada di daerahnya.
2.2.3. Menceritakan bentuk-bentuk
kegiatan koperasi yang ada di dalam masyarakat.
2.2.4. Mendemonstrasikan
pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan
tanya jawab, siswa dapat menyebutkan
kegiatan apa saja yang ada dalam kantor koperasi.
2. Dengan
diskusi kelompok, siswa
dapat mengelompokkan jenis-jenis koperasi yang ada di daerahnya
berdasarkan jenis usaha dengan benar.
3. Dengan
tanya jawab tentang kegiatan koperasi, siswa dapat menceritakan kegiatan salah
satu koperasi didaerahnya dengan benar.
4. Dengan
tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasikan pentingnya koperasi dalam
meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
E. Karakter
yang Diharapkan:
Rasa
ingin tahu, tanggung
jawab, jujur, kerja keras, kreatif
dan disiplin.
F. Materi
Pokok : Pentingnya koperasi dalam
meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
G. Alokasi Waktu : 12 x
35 menit
H.
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Pengorganisasian
|
|
Siswa
|
Waktu
|
||
1
|
Pra Kegiatan
|
|
(2 menit)
|
|
a.
Salam
pembuka
b.
Do’a
c.
Absensi
|
|
|
2
|
Kegiatan Awal
|
|
(5 menit)
|
|
a.
Apersepsi
“Anak-anak,
sebelum memulai pelajaran bagaimana kalau kita melihat gambar-gambar yang
sudah di tempel di papan tulis ? Gambar apa saja yang kalian tahu ? Dari
pertanyaan yang telah kalian jawab tadi, itu menandakan bahwa kalian sudah
mengamati dan menyebutkan gambar kegiatan rapat pada koperasi”.
b.
Eksplorasi Materi
“Anak-anak, kira-kira hari ini akan belajar mengenai
apa?”
“Iya anak-anak,
hari ini kita akan mempelajari tentang mengenal pentingnya koperasi dalam
meningkatkan kesejahteraan masyarakat.”
c.
Eksplorasi Tujuan
“Anak-anak, kira-kira tujuan
dari pembelajaran hari ini apa?”
|
Klasikal
Klasikal
Klasikal
|
|
3
|
Kegiatan Inti.
|
|
(48 menit)
|
|
a.
Eksplorasi
- Siswa mengamati penjelasan dari guru mengenai gambar
kegiatan rapat pada koperasi.
- Salah satu siswa diminta untuk maju dan menceritakan
tentang aktivitas kegiatan koperasi sehari-hari.
- Siswa yang berani maju diberi bintang oleh guru dan
dipersilakan untuk duduk kembali.
- Siswa dan guru melakukan tanya jawab.
- Siswa
mengisi LKS dengan mempedomani lampiran materi yang terdapat pada LKS.
b.
Elaborasi
- Siswa dibentuk dalam 3 kelompok
secara heterogen.
- Siswa menerima LKS tentang jenis-jenis koperasi yang
diberikan oleh guru.
- Siswa mendengarkan informasi
pokok materi dan mekanisme kegiatan sesuai dengan LKS.
- Siswa mulai mengerjakan LKS bersama kelompok.
- Siwa dibimbing oleh guru dalam melakukan kegiatan
dan jika ada kesulitan.
- Perwakilan masing-masing kelompok
membacakan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas dan kelompok lain
menanggapi.
- Siswa
menceritakan salah satu kegiatan koperasi yang terdapat di tempat tinggalnya.
c.
Konfirmasi
- Dengan
diskusi kelompok siswa dapat mengidentifikasikan jenis – jenis koperasi
berdasarkan jenis usaha dengan benar
- Siswa
mengamati Chart tentang jenis – jenis koperasi yang dipajang oleh guru di
papan tulis
- Siswa
mendengarkan ulasan guru tentang jenis – jenis koperasi
- Siswa
bertanya jawab tentang kegiatan apa saja yang dilakukan oleh koperasi sekolah
- Dengan
tanya jawab siswa dapat menceritakan tentang kegiatan koperasi yang terdapat
di tempat tinggalnya
- Dengan
diskusi kelompok siswa dapat mengidentifikasikan pentingnya koperasi dalam
meningkatkan kesejahteraan masyarakat
- Guru bersama siswa membahas hasil kerja siswa.
|
klasikal
individu
klasikal
tanya jawab
klasikal
klasikal
klasikal
klasikal
diskusi kelompok
klasikal
klasikal
l
kelompok
klasikal
klasikal
klasikal
tanya jawab
klasikal
diskusi kelompok
klasikal
|
|
4
|
Kegiatan Akhir
|
|
(15 menit)
|
|
a.
Kesimpulan
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan
bimbingan guru, yaitu tentang mengenal
pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
b.
Umpan Balik
Siswa diminta
oleh guru untuk mengungkapkan apa yang masih belum dimengerti atau kurang
jelas dari pembelajaran yang diperoleh hari ini
c.
Evaluasi
Untuk memperdalam dan untuk mengetahui seberpa
jauh pemahaman siswa pada pembelajaran hari ini, guru membagikan soal evaluasi.
d.
Refleksi
Siswa dibimbing
oleh guru untuk mengungkapkan kesan dari pembelajaran yang diperoleh pada
hari ini.
e.
Tindak Lanjut
-
Siswa dibimbing oleh
guru untuk memberikan saran-saran untuk pertemuan pembelajaran selanjutnya.
-
Siswa juga diminta
oleh guru untuk mempelajari kembali pembelajaran yang telah dipelajari di
rumah.
-
Siswa
diberikan tugas di rumah untuk mengerjakan buku paket dan dikumpulkan minggu
depan.
f.
Penutup
- Guru
mengakhiri pembelajaran pada hari ini.
- Salam
penutup
|
Klasikal
klasikal
Individual
Klasikal
Klasikal
Klasikal
|
|
I.
Strategi Pembelajaran
Ø Konstruktivistik
J.
Pendekatan pembelajaran
Cooperatif Learning
K.
Metode Pembelajaran
Ø Ceramah
Ø Tanya Jawab
Ø Diskusi
Ø Penugasan
L.
Media
Ø Gambar kegiatan koperasi
M.
Sumber Belajar
-
Buku
IPS Kelas IV Asy’ari hal. 117-124
-
Gambar
rapat anggota koperasi
N.
Penilaian
a.
Penilaian Proses
(Dilakukan selama KBM berlangsung)
1. Jenis : Perbuatan
2. Bentuk : Diskusi
3. Alat Penilaian : LKS dan Lembar Pengamatan
b.
Penilaian Hasil
(Diperoleh dari hasil pengerjaan soal evaluasi)
Tes dan Nontes
Tertulis : Isian
Madiun, 4
Juni 2014
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Tika Nurhayati, S. Pd
NIP 19611223 172201 1 001
|
Guru Kelas IV A,
Rizal Cahyanto, S.Pd.
NIP. 19841018 211604 1 005
|
|
|
Lampiran
1. Rangkuman Materi
2. Soal Evaluasi
3. Penskoran
Lampiran 1
Rangkuman
Materi
1.
Koperasi
adalah usaha bersama untuk memperbaiki nasib penghidupan ekonomi berdasarkan tolong menolong.
2.
Fungsi
koperasi :
-
Sebagai alat
perjuangan ekonomi untuk mempertinggi kesejahteraan rakyat
-
Sebagai alat
pendemokrasian ekonomi nasional
-
Sebagai salah
satu urat nadi perekonomian bangsa Indonesia
-
Sebagai alat insan masyarakat untuk memperkokoh
kedudukan ekonomi bangsa Indonesia serta bersatu dalam mengatur tata laksana
perekonomian rakyat
3.
Jenis
koperasi berdasarkan tingkatan jenis , usaha dan keanggotaan :
a.
Koperasi
Berdasarkan Tingkatannya
-
Koperasi
primer
-
Koperasi
sekunder
b.
Koperasi
Berdasarkan Usaha
-
Koperasi
Konsumsi
-
Koperasi
Kredit
-
Koperasi
Produksi
c.
Koperasi
Berdasarkan Keanggotaan
-
Koperasi
Pertanian
-
Koperasi
Karyawan
-
Koperasi
Pensiunan
-
Koperasi
Pegawai Negeri
-
Koperasi Jasa
-
Koperasi
Sekolah
-
Koperasi Unit
Desa
4.
Koperasi
bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Hal ini diperoleh dengan
adanya pembagian Sisa Hasil Usaha kepada para anggotanya. Tujuan koperasi ini
membedakan koperasi dengan badan usaha lainnya. Secara umum badan usaha lainnya
bertujuan untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya.
5.
Manfaat
Koperasi :
a.
Memenuhi
kebutuhan anggotanya dengan harga yang relatif murah.
b.
Memberikan
kemudahan bagi anggotanya untuk memperoleh modal usaha.
c.
Memberikan
keuntungan bagi anggotanya melalui SHU.
d.
Mengembangkan
usaha anggota koperasi.
e.
Meniadakan
praktik rentenir.
Lampiran II
Isilah
titik-titik di bawah ini dengan benar!
1. Koperasi adalah usaha bersama berdasarkan pada asas ....
2. Bank-bank pemerintah termasuk ....
3. Koperasi di Indonesia yang pertama kali didirikan oleh ....
4. Modal koperasi berasal dari ....
5. Kekuasaan tertinggi pada koperasi dipegang oleh ....
1. Koperasi adalah usaha bersama berdasarkan pada asas ....
2. Bank-bank pemerintah termasuk ....
3. Koperasi di Indonesia yang pertama kali didirikan oleh ....
4. Modal koperasi berasal dari ....
5. Kekuasaan tertinggi pada koperasi dipegang oleh ....
Nontes
Dalam nontes ini dilakukan dalam bentuk:
1. Performance : Bercerita di depan kelas tentang manfaat koperasi
2. Portofolio : Mengisi kolom bentuk-bentuk koperasi di Indonesi
Dalam nontes ini dilakukan dalam bentuk:
1. Performance : Bercerita di depan kelas tentang manfaat koperasi
2. Portofolio : Mengisi kolom bentuk-bentuk koperasi di Indonesi
? SKOR SOAL
a. Skor maksimal untuk masing-masing soal yang ada,
yaitu 20
b. Jika jawaban dinyatakan benar, maka rumus
skornya adalah
Keterangan:
Nh : Nilai
Hasil/Jawaban yang Benar
Lampiran III :
LEMBAR PENGAMATAN
Kelas : IV A
Semester : 2
Materi Pokok :
pentingnya koperasi dalam
meningkatkan kesejahteraan masyarakat
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Nilai
Proses
|
|||||||||||
Keaktifan
|
Keberanian
|
Kerjasama
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
Dinda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Amadeus G.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Abel
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Dwiky
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
M. Afifah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Dina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Susi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Cantik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
A.Rizky Yoga P.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
Alvi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
Aneke
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian Kuantitatif
|
Penilaian Kualitatif
|
Keterangan
|
90 – 100
|
A
|
Amat Baik
|
80 – 89
|
B
|
Baik
|
70 – 79
|
C
|
Cukup
|
60 – 69
|
D
|
Kurang
|
> 59
|
E
|
Buruk
|
Keterangan:
?
Skor Lembar
Pengamatan
NILAI
=
Np : Nilai Pengamatan
Na : Nilai Keaktifan
Nb : Nilai Keberanian
Nc : Nilai Kerjasama
" Lesson Plan Awesome"
BalasHapusvika. ditunggu y., karya-karya berikutnya
(terima kasih)